Saturday, June 6, 2020

Daihatsu: Review, Spesifikasi dan Harga Mobil

Daihatsu adalah salah satu penguasa pasar otomotif yang ada di Indonesia, berbicara tentang Daihatsu anda pasti mengenal model Xenia, Terios, atau yang terbaru adalah Ayla. Mobil – mobil tersebut adalah beberapa nama produk Daihatsu yang populer dan terkenal laris di pasar Indonesia. Mobil yang dikenal luas dan tangguh ini tentu menjadi pilihan mobil keluarga masyarakat Indonesia.

Sejarah Terbentuknya Daihatsu

Daihatsu lahir pada tahun 1907 oleh m.Tsurumi dan y. Yasanuga, namun tahukah kamu bahwa Daihatsu tidak langsung menjadi industri otomotif ? Pada awalnya perusahaan ini berfokus di bidang mesin. Berbagai mesin dibuat Daihatsu hingga era 80 tahun yang lalu, atau era Showa. Dari perusahaan mesin, perlahan Daihatsu mulai merakit mesin sepeda motor roda tiga dan mobil produksi perusahaan mereka sendiri.

Salah satu mesin Daihatsu yang pertama kali dibuat dan legendaris adalah diesel LH25. Mesin tersebut bukanlah mesin untuk motor roda tiga atau untuk mobil, melainkan mesin tersebut dibentuk dengan tujuan untuk mesin pompa agar mengalirkan air ke sawah. Mesin tersebut cukup populer hingga beroperasi lebih dari 20 tahun.

Setelah cukup lama berjalan sebagai perusahaan permesinan, tahun 1950 an Daihatsu baru melangkah ke sektor otomotif dengan produk pertamanya Midget. Midget merupakan nenek moyang seluruh prosuk otomotif Daihatsu yang kita lihat hingga saat ini. Model pertama dari Daihatsu ini juga dikenal sebagai sebutan “bemo” di Indonesia.Tidak hanya berhenti disitu mereka terus menghadirkan berbagai mobil kecil,  yaitu Daihatsu Fellow.

Mobil ini memiliki ciri khas seperti mobil asal inggris, bentuknya yang kotak sertea ukurannya yang kecil. Model Fellow ini cukup populer untuk masyarakat di Jepang dengan kapasitas mesin 356 cc nya. Selanjutnya pada tahun 1973 dengan produk yang terbukti memiliki mesin terbaik, Daihatsu berhasil masuk ke pasar Indonesia dengan Astra sebagai agen tunggalnya setelah 3 tahun.

Daihatsu mulai mendirikan perusahaan di Indonesia dengan nama PT. Daihatsu Indonesia pada tahun 1978, sebagai perusahaan untuk mengepres plat baja. Tidak hanya itu saja, perusahaan Daihatsu juga membuat pabrik mesin pada tahun 1983 dengan nama PT. Daihatsu Engine Manufacturing.

Terakhir, PT National Asra didirikan sebagai pengimpor dan agen tunggal Daihatsu di Indonesia. Ketiga perusahaan yang didirikan ini kemudian digabung menjadi satu dengan nama PT. Astra Daihatsu Motor yang memiliki hak untuk mengimpor dan merakit produk Daihatsu di Indonesia, hingga saat ini. Di Indonesia sendiri pun ada beberapa model mobil yang menjadi pilihan masyarakat.

Model Daihatsu Ayla

Ayla pertama kali diluncurkan sejak tahun 2013, model ini menjadi salah satu mobil Low Cost Green Car atau mobil murah ramah lingkungan yang paling laris di pasar Indonesia. Ayla memiliki dua tipe transmisi yakni manual dengan lima transmiri, serta otomatis dengan empat transmisi. Jenis terbaru dari Ayla adalah New Ayla D, New Ayla D Plus, New Ayla M, hingga New Ayla X.

Daihatsu Ayla memiliki nuansa menaiki sedan dengan bagasi menyatu dengan kabin, bagasi ini termasuk bagasi dengan ukuran yang besar untuk ukuran city car. Apalagi, Daihatsu telah mempersiapkan model Ayla ini dengan dua varian mesin. Kedua mesin tersebut memang diberikan agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hingga saat ini, Daihatsu Ayla dibanderol mulai dari Rp 95 juta hingga Rp 149 jutaan.

Model Daihatsu Terios

Bisa dibilang model satu ini adalah generasi terbarunya Daihatsu Taruna, dengan desainnya yang gagah dan sporty mobil ini memberikan lekukan yang tegas pada setiap sisi interiornya. Gaya headlamp yang cukup modern dan terkesan agresif memberikan kesan yang stylish dan menawan. Jenis terbaru dari Terios adalah Terios X, X Extra, Terios R, R Custom , hingga Terios  R Adventure.

Untuk sekelas mobil small SUV, ruang kabin yang dimiliki oleh Daihatsu Terios cukup terbilang luas dan ideal. Dengan lapangnya ruang kabin tersebut, Terios mampu menampung hingga 5 penumpang sekaligur. Sehingga sektor ruang kabin menjadi salah satu kelebihan yang terbukti mampu memikat hati pada calon pembelinya. Saat ini, Terios terbaru dibanderol Rp 195 juta untuk varian 1.5 MX, dan verti 1.5 R AT Deluxe memiliki harga termahal yaitu Rp 247.9 Juta dengan tampilan barunya.

Model Daihatsu Xenia

Xenia menjadi produk Daihatsu selanjutnya yang masih cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia,  produk yang diluncurkan sejak tahun 2003 ini hingga saat ini pun masih menjadi pilihan mobil keluarga masyarakat Indonesia. Mobil jenis MVP ini menjadi produk andalan Daihatsu yang mampu bertransmisi manual 5 kecepatan dan otomatis dengan 4 percepatan. Jenis terbaru dari Xenia adalah Tipe Xenia X 1.3, Xenia 1.3 Deluxe, Xenia R 1.3 STD, hingga Xenia 1.3 Sporty.

Salah satu kelebihan Xenia terletak pada durasibilitas dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Mobil MVP ini terkenal sebagai mobil yang irit BBM, hal ini karena mesin yang dilengkapi dengan teknologi injeksi EFI. Tentu keuntungan dari penggunaan bahan bakar ini semakin menarik ketertarikan masyarakat. Untuk urusan mesin, ada 2 tipe mesin yang dikeluarkan Daihatsu, yaitu 1000 cc dan 1300 cc.

Model Daihatsu Gran Max

Ada dua tipe untuk Gran Max yang masuk di pasaran Indonesia, yakni tipe MB penumpang dan model pick up. Harga untuk Gran Max MB diperkirakan mulai dari Rp155 juta hingga Rp 171 jutaan, sementara untuk model pick up harga yang dipasarkan dimulai dari Rp 124 jutaan hingga Rp 155 jutaan.

Grand Max terkenal sebagai mobil yang mampu menampung banyak muatan, sehingga Grand Max dapat disebut sebagai gerobak berjalan karena kemampuannya yang menampung begitu banyak barang dalam satu mobil. Akomodasi yang cukup menjadi keunggulan Daihatsu Gran Max, tidak hanya itu saja ruang gerak yang diberikan mobil ini pun cukup luas untuk setiap penumpang.

Model Daihatsu Sigra

Sejak dirilis pada tahun 2016 lalu, Sigra langsung menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang mencari mobil keluarga. Mobil ini dibanderol harga mulai dari Rp 111 juta hingga Rp 152 jutaan, hingga kini pun Daihatsu Sigra banyak kita jumpai di jalan-jalan kota Indonesia. Sehingga bisa menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang menaruh ketertarikan pada Daihatsu Sigra.

Sebagai mobil LCGC tentu saja kelebihan dari Daihatsu Sigra adalah keiritan dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dengan mengusung mesin berkapasitas kecil, yakni 1.0 liter dan 1.2 liter, tentu membuat bahan bakar yang digunakan menjadi lebih irit. Daihatsu Sigra pun dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap seperti ABS, Air Bags, Brake Assist, hingga pelindung terjadinya benturan.

Tak hanya itu saja  bahkan untuk menunjang kenyamanan penggunanya, Daihatsu Sigra juga memiliki banyak fitur hiburan. Beberapa hiburan yang ditanamkan pada Sigra adalah Audio Visual, Power Steering, Audio 2 Din, dan fitur konektivitas seperti Bluethooth hingga port USB. Melihat banyaknya fitur yang diberikan oleh Daihatsu Sigra ini, semakin mudah untuk menarik pada konsumen.

Ketika anda berada di jalan tentu anda melihat banyak merek kendaraan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah Daihatsu. Produsen mobil yang menonjolkan mobil keluarga ini sangat populer di Indonesia. Bahkan sebagian besar truk pun menggunakan produk milik Daihatsu. Dengan kenyamanan dan dapur pacunya yang menjanjikan, membuat masyarakat memilih Daihatsu sebagai pilihan kendaraan roda empat mereka.

Daftar Isi